Halaman

Minggu, 11 Maret 2012

Menyusui Bayi Bisa Bikin Ibu Orgasme


img
Jakarta, Orgasme biasanya berhubungan dengan aktivitas seks, namun banyak wanita yang melaporkan merasakan rangsangan saat sedang menyusui bayinya. Beberapa wanita bahkan melaporkan pengalaman orgasme selama atau setelah menyusui.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada ibu menyusui, sebanyak 40,5 persen partisipan melaporkan pernah merasa terangsang beberapa kali selama menyusui bayi. Sebanyak 16,7 persen bahkan melaporkan sering merasakan rangsangan seksual saat menyusui bayinya, seperti dilansir About.com, Jumat (9/3/2012).

Dan dalam makalah yang lebih baru dari beberapa studi itu, disebutkan bahwa 33-50 persen ibu menyusui merasakan orgasme, meski 25 persen diantaranya mengatakan merasa bersalah.

Rasa bersalah biasanya muncul karena wanita menganggap tidak pantas bila seorang ibu terangsang karena bayinya sendiri.

Tentu saja tidak semua ibu yang menyusui merasakan pengalaman rangsangan seksual. Bahkan ada banyak wanita yang menganggap bahwa pengalaman itu sebagai lawan dari kesenangan.

Apa yang menyebabkan ibu menyusui bisa orgasme?

Menurut peneliti hal ini disebabkan oleh oksitosin, yaitu hormon yang merangsang pengeluaran ASI dan dipicu oleh rangsangan payudara.

Hormon oksitosin juga terlibat dalam proses fisiologis lain, terutama dalam kontraksi rahim selama proses persalinan dan selama orgasme. Hormon ini juga diperkirakan bertanggung jawab atas perasaan relaksasi dan pengalaman orgasme tanpa adanya rangsangan seksual, seperti orgasme saat merasa kenyang.

Tidak ada komentar: